Minggu, 23 Agustus 2015

Tips Kredit Rumah Dengan KPR

 Tips Kredit Rumah Dengan KPR 

Membeli rumah kini bisa direalisasikan dengan begitu mudah. Banyak developer perumahan yang menawarkan cara pembelian rumah dengan syarat yang ringan. Mengingat kebutuhan dan persaingan yang tinggi, membuat developer memberikan syarat yang mudah. Apalagi dengan didukung kerjasama dengan pihuk Bank untuk KPR Rumah. 

Pembiayaan biasanya ada dua opsi, yaitu In-House atau Kredit Pembiayaan Rumah (KPR) via Bank. Dengan penawaran ini setiap orang berpeluang untuk mendapatkan rumah. Tentu saja KPR ada beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Bank. Sebagai penerima kredit kita harus paham seluk-beluk akan proses pembiayaan tersebut. Agar dikemudian hari tidak menimbulkan suatu permasalahan yang memberatkan anda.

Berikut ini yang harus anda pertimbangkan untuk memiliki rumah dengan KPR :


  1. Pilihlah Bank yang mempunyai reputasi yang baik serta kinerja yang sudah terbukti mempu memberikan pelayanan yang memuaskan,
  2. Pilihkah Bank yang memiliki jaringan luas.
  3. Pahami aturan yang telah ditetapkan oleh Bank hingga yakin bahwa nantinya akan terealisasi KPR.
  4. Pastikan dana yang sudah masuk telah memenuhi batas minimal proses KPR.

Persyaratan mengajukan KPR Bank :

  1. Mengisi Aplikasi KPR
  2. Fotocopy KTP Suami Istri
  3. Surat Nikah
  4. Copy Kartu Susunan Keluarga
  5. Surat Keterangan WNI
  6. Rekening koran ( Mutasi 3 Bulan)
  7. Slip Gaji
  8. Surat Keterangan Kerja (Minimal 2 Tahun)
  9. Surat Keterangan Jabatan
  10. NPWP dan SPT PPH 21

Berikut ini sistem Bunga dari KPR Bank :

  • Fixed : Bunga yang dibayarkan selalu tetap meskipun suku bungan fluktuatif. Untuk sistem bunga yang fixed biasanya masa cicilan selama 10 tahun, biasanya Bank yang memberikan fixed bunga adalah Bank Syariah.
  • Float : Sistem bunga yang dibayarkan bergantung pada suku bunga pasar yang berlaku saat itu. Biasanya berlaku satu tahun sekali.
Jika anda ingin dengan mudah untuk lolos dalam proses KPR Bank. Pastikan catatan rekening anda selalu bagus setiap bulannya. Biasanya Bank menilai mutasi rekening setiap 3-4 Bulan terakhir, selalu yakinkan bahwa anda ada pemasukan rutin setiap bulannya. Dan juga, jika anda mempunyai kredit di tempat lain pastikan history-nya selalu bagus. Seperti, Kartu kredit, Cicilan Mobil, dll. Karena pihak Bank akan menganalisa kondisi keuangan anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar